JALAN BANDUNGAN

Posted on


Membaca novel Jalan Bandungan karya NH Dini terbit perasaan nostalgia dalam hati saya. Menggunakan gaya bahasa yang formal (bagiku mirip kayak Kompas, cmiiw), novel ini menceritakan seorang istri yang ‘kehilangan’ suaminya. Suaminya tak pernah kembali pada suatu sore seusai jam kantor. Suaminya terlibat dengan kegiatan PKI sehingga kemudian ditangkap dan dibuang ke pulau Buru.

Setelah suaminya tak pulang, sang istri kemudian berusaha bertahan hidup, membesarkan dan membiayai ketiga anaknya. Dalam perjalanan waktu, sang istri ini kemudian jatuh cinta kepada adik suaminya. Harus kuakui, novel ini terasa sekali dramanya dan mungkin akan sangat disukai oleh kaum ibu.

Dengan setting berbagai jaman, mulai jaman revolusi, orde lama dan awal orde baru, novel ini jelas sekali mencerminkan ideologi pengarang yang cenderung feminis liberal. Aku tidak terlalu tertarik dengan ideologi NH Dini dan juga tidak ingin membahasnya di sini. Aku justru tertarik potret kehidupan di jaman awal Orde Baru. Terasa sekali bagiku, bagaimana benih-benih korupsi, kolusi dan nepotisme tumbuh di negeri ini. Bagaimana Sang Istri ini mendapatkan bantuan Mas Gun, seorang provost tentara dan mantan anak buah ayahnya yang berjuang di jaman revolusi fisik. Atau bisa juga kita lihat, bagaimana Sang Istri bisa berangkat sekolah ke Belanda berkat campur tangan teman dari ayah temannya. Cermati juga bagaimana sang istri sering mendapatkan proyek dari sepupunya Winar, suami dari sahabatnya.

Mungkin di jaman itu, KKN dipandang sebagai bantuan, pertolongan dan perwujudan dan saling setia kawan. Mungkin itu benar di jaman itu. Benar karena lazim. Benar karena semua orang juga melakukannya. Ah sudahlah, baca saja bukunya. Tapi ingat, jangan telan mentah-mentah ya. Nanti muntah!

One thought on “JALAN BANDUNGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s